Ticker

6/recent/ticker-posts

Sunahnya Tidur Siang dan Manfaatnya

Tidur siang ternyata perkara Sunnah loh. Dalil yang menganjurkan tidur qailulah (tidur siang) adalah hadits dari Anas radhiyallahu ‘anhu.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

قِيْلُوْا فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لاَ تَقِيْلُ


Artinya :
Tidurlah qailulah (tidur siang) karena setan tidaklah mengambil tidur siang.
(HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb 1: 12; Akhbar Ashbahan, 1: 195, 353; 2: 69. Syaikh Al-Albani menyatakan bahwa sanad hadits ini hasan dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 1647).

Dalam ‘Umdah Al-Qari sebagaimana disebutkan dalam Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah, 34: 130, hukum tidur qailulah adalah sunnah.

Menurut penilaian ulama berarti tidur siang itu tidak wajib. Artinya tidak sampai berdosa kalau ditinggalkan, tinggal siapa yang mampu dan punya kesempatan menunaikannya.

Waktu Tidur siang. Imam Al-‘Aini mengatakan bahwa yang dimaksud adalah tidur di tengah siang. Sedangkan Al-Munawi mengatakan bahwa qoilulah adalah tidur di tengah siang ketika zawal (matahari tergelincir ke barat), mendekati waktu zawal atau bisa jadi sesudahnya. (Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah, 34: 130)

Manfaat tidur qailulah ?
Imam Asy-Syirbini Al-Khatib menyatakan bahwa tidur qailulah adalah tidur sebelum zawal (matahari tergelincir ke barat). Ibaratnya itu seperti sahur bagi orang yang berpuasa. (Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah, 34: 130). Berarti tidur siang ini akan semakin menguatkan aktivitas ibadah.

Menurut Sara C. Maednick, seorang ahli tidur mengatakan manfaat luar biasa untuk tubuh yang lebih sehat bisa didapatkan dari tidur siang selama 15 sampai 20 menit. Menurut banyak pakar, waktu ini menjadi paling ideal untuk tubuh mengisi energi.
Berikut manfaat tidur siang yang jarang diketahui banyak orang.
  1. Meningkatkan memori
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Redam stres. Tidur siang selama 20 menit dapat berefek menenangkan saraf sekaligus menurunkan hormon stres yang dapat mengganggu tekanan darah dan denyut jantung.
  4. Perbaiki fungsi jantung
Sumber : I.G : Love Islam.id

Posting Komentar

0 Komentar