Ticker

6/recent/ticker-posts

Hukum Putus Asa

Dalam dunia nyata ini, terkadang kenyataan benar-benar pahit. Sering kali kita mengalami masalah kegagalan. Baik itu kegagalan dalam percintaan, kegagalan dalam berumah tangga, kegagalan dalam berwirausaha, kegagalan dalam berbisnis, dll. Tidak jarang dalam mendapati ke gagalan kita terkadang putus asa lalu meratapi semuanya dengan cara merenung, diam diri, tidak mau makan,dll. (Bahasa keren nya itu ya bisa di katakan galau he..he...)jika kita berlama-lama berputus asa seperti itu maka ada baiknya sobat blognya herry baca dulu artikel yang saya posting berikut ini. Mudah-mudahan sedikit menghibur tentunya bagi yang beragama islam.

Putus asa adalah haram sebagaimana dalam Firman Allah SWT dan Hadits-hadits Nabi SAW :

وَ لاَ تَايْئَسُوْا مِنْ رَّوْحِ اللهِ، اِنَّه لاَ يَايْئَسُ مِنْ رَّوْحِ اللهِ اِلاَّ اْلقَوْمُ اْلكفِرُوْنَ. يوسف
Artinya :
Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir. (QS. Yusuf : 87)

وَ مَنْ يَّقْنَطُ مِنْ رَّحْمَةِ رَبّه اِلاَّ الضَّآلُّوْنَ. الحجر
Artinya : 
Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat.
(QS. Al-Hijr : 56)

قُلْ يعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلى اَنْفُسِهِمْ لاَ تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللهِ، اِنَّ اللهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا، اِنَّه هُوَ اْلغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ. الزمر
Artinya :
Katakanlah, “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Az-Zumar : 53)

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Terimakasih Herry Islam atas Firman Allah dan Hadis-Hadis Rasulullah tentang Hukum Putus Asa :)

    BalasHapus